Senin, 17 Agustus 2015

Make Your Idea with Webmaker



               Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi saat ini khususnya alat komunikasi yang tidak hanya digunakan hanya komunikasi tetapi lebih luas lagi banyak sekali fitur – fitur tambahan yang sangat membantu dalam kegiatan sehari – hari dan sering kita mendengar kata Smartphone atau HP pintar karena beragam fitur didalamnya. Tentunya tidak hanya fitur yang ada dalam HP tetapi ada juga aplikasi tambahan yang bisa kita download sendiri melalui play store, memang sementara ini aplikasi webmaker hanya bisa digunakan di android tetapi kedepan aplikasi ini akan dikembangakan lagi agar bisa dipakai disemua OS.

Mbak Rara
            Salah satu aplikasi yang membuat saya tertarik dan ingin mencoba baru-baru ini adalah webmaker yang merupakan salah satu aplikasi keluaran dari mozilla untuk aplikasi smartphone. Dulu memang saya pernah memakai memakai webmaker yang tetapi untuk aplikasi berbasis PC, Nah kali ini saya berkesempatan untuk belajar dan sekaligus menghadiri acara workshop di gedung Multimedia dijalan kebon jeruk kawasan Jakarta pusat yang diadakan tanggal 15 agustus kemarin.

Mr. William
               Acara dimulai pukul 10.00 Setempat yang dihadiri oleh para blogger dan juga mahasiswa serta para peserta lainya. Sambutan dari mbak Rara yang merupakan salah satu penggerak komunitas mozilla firefox yang memberikan sambutan bagi kami para peserta yang datang dan dilanjutkan oleh Mr. William yang mengarahkan dan bertanggungjawab dengan komunitas mozilla firefox yang ada diseluruh dunia.

Nah berikut ulasan sedikit apa itu Webmaker ? Webmaker ini adalah salah satu aplikasi untuk Android yang membantu para user untuk membuat sebuah projek yang menarik seperti membuat sebuah album foto, pembelajaran interaktif dan juga gambar yang outputnya bisa langsung kita share kepada teman – teman yang lain maupun sosial media yang kita pakai.
 
Mr. William memberikan penjelasan tentang Webmaker
          Dalam salah satu kalimat yang saya ambil dari Mr. William “Mozilla akan selalu memberikan pengembangan aplikasi yang membantu para user sehingga aktivitas yang dikerjakan menjadi ringan” walupun masih beta tetapi aplikasi ini sangat relevan digunakan untuk membuat sebuah projek dengan berbagai fitur foto dan teks dan cukup mudah untuk dipelajari tidak terlalu sulit juga bagi pemula yang sudah mengenal smartphone tentunya.

             Acara makan siang menjadi akhir dari sesi pertama saya dalam mengikuti workshop ini, selanjutnya saya sholat dan makan siang bersama dengan para blogger yang lain dengan canda tawa dan juga sharing sehingga banyak ilmu yang dapat saya peroleh tak terasa waktu sudah habis istirahat makan siang sehingga kami harus melakukan sesi berikutnya.
 
Pembagian Kelompok
           Sesi kali ini semua dibagi menjadi kelompok – kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 6 – 7 orang yang berjumlah 10 kelompok saya kebagian kelompok 9 ternyata saya jadi ketua kelompok ini gara-gara kak dede nih kalau bukan dia saya tidak akan jadi tumbal untuk jadi ketua kelompok, oke saya lakukan aja bismilah lets start.

            Kami bertujuh berdiskusi membuat sebuah projek dengan aplikasi Webmaker, lumayan besar filenya jadi lumayan lama mendownloadnya tergantung sinyal, mungkin sinyal saya jelek nihh. Kelompok kami membuat sebuah projek dengan tema 17 agustus dengan judul “Indahnya Kebersamaan diatas Pinang” judul ini kami ambil karena 17 agutus itu identik dengan lomba – lomba dan salah satu lomba yang kelompok kami fikir menarik adalah lomba panjat pinang. Akhirnya kurang lebih 2 jam kami bergotong royong untuk membuat sebuah projek dengan semenarik mungkin dan kami presentasikan kedepean jadi aplikasi ini memungkinkan saya untuk memasukan foto dan tulisan sesuai dengan apa yang saya inginkan. Dengan ditambahkan button yang menarik akan menjadi salah satu projek yang sederhana tetapi dapat membuat pesan yang akan kita sampaikan dapat terbaca dengan mudah.
 
Pemenang lomba Webmaker
          Dan diakhir acara adalah pemberian hadiah bagi kelompok mereka yang memang dianggap mempunyai konsep yang baik dan menarik, mungkin belum rejeki kelompok kami tetapi sebisa mungkin kami akan salalu memberikan yang terbaik disetiap kesempatan yang ada, semoga kedepan aplikasi ini dapat membantu user dalam membuat sebuah projek dan bisa diaplikasikan di semua OS smartphone.

Foto Bersama para peserta workshop


1 komentar:

Mbul Kecil mengatakan...

Aku blum pernah cobain bijin pke web maker, pingin bisa sih