Minggu, 25 Januari 2015

Kenali Personal Brandingmu !!! #Sundaysharing13


            Siapa hari gini yang tidak kenal dengan internet ? yah mahkluk yang satu ini salah satu yang membuat perubahan besar di zaman modern hampir semua orang mengenal apalagi kaum muda yang digenerasi Era Digital katanya sih gitu, Facebook, Twitter, Path, Instagram merupakan beberapa aplikasi sosial media yang populer dikalangan remaja tetapi apakah cuman itu tidak hanya itu blog juga merupakan sebuah media yang lagi naik daun ditengah-tengah sosial media yang melaju kencang. Saya yakin semua orang yang dunia ini tidak ada yang sama mereka mempunyai karakteristik yang berbeda begitu juga dengan sosial mediamu setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk menunjukan dirinya dalam dunia maya melalui sosial media.

           Personal Branding merupakan istilah yang sangat familiar dalam dunia maya, Nah mungkin ada yang sudah paham atau mungkin ada yang baru mendengarnya. Lalu apa itu personal branding ?  jadi menurut Wikipedia Personal Branding adalah “Proses dimana seseorang dan pekerjaanya dijadikan sabagai sebuah BRAND “ banyak personal branding ini digunakan karena sekarang sebuah pekerjaan sudah semakin spesialis dan kita telah memasuki dunia dimana ide –ide kreatif sudah mempunyai nilai harga yang tinggi. Kalau kita baru kenal dan ingin mempunyai Personal Branding pada diri kita berikut cara bagaimana membuat sebuah personal branding bersama #Sundaysharing13.

 Tips cara membuat personal branding pada diri kita

1.     Membuat tagline pada diri kita, jadi disini cobalah untuk mendiskripsikan diri anda sehingga orang-orang diluar sana anda ini orang yang seperti apa ? misalkan saja anda suka dengan hal multimedia dibidang desain anda mencoba selalu menjual diri anda dengan keahlian anda seoarng yang ahli dalam mendesain dengan begitu orang akan mengenal anda sebagai seorang desain dan sepertinya masih banyak sekali diluar sana dan bermacam-macam Personal Branding dari masing-masing orang yang sesuai dengan apa yang ingin mereka perlihatkan.

 
2.     Menjadikan teman anda teman dekat anda, pengingat dan pembeda yang artinya disini cobalah untuk membuat personal branding anada dari sekarang dan coba publikasikan hal ini keteman-teman anda sehingga mereka tahu anda mengeanl bentul bidang anda. Nah terus apa arti dari pengingat dan  pembeda ini jadi ketika anda sudah mulai akan memuat sesuatu entah itu disosial media atau dunia mayalah katakan yang tidak sesuai dengan karakter yang anda jalankan sebelumnya teman anda akan berusaha mengingatkan anda karena jika tidak ada pengingat akan membuat menjadikan personal branding anda menurun karena karakter yang sudah melekat kepada anda tergeser atau mulai pudar dengan share dimedia yang tidak sesuai dengan karakter sebelumnya. Nah sedangkan pembeda disini denagn anda fokus dipersonal branding yang anda geluti sekarang akan membuat anda menjadi berbeda dari pada yang lain anda menjadi lebih spesialis dibidang yang anda geluti sekarang dimata teman-teman anda.

3.     Manfaatkan sosial media dengan baik. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial sekarang ini begitu melejit dan begitu besar efeknya dimasyarakat luas tentunya ini adalah peluang bagi kita untuk menjual diri kita dengan ide dan kompetensi yang kita punya. Banyak sekali sosial media yang bisa kita gunakan mulai dari Twitter, Facebook, Path, Instagram dan masih banyak lainya jika kita bisa memanfaatkan ini dengan baik bukan tidak mungkin ini akan menjadi ladang usaha bagi anda.

4.     Buatlah website pribadi ataupun video profile untuk berita terupdate bagi teman-teman anda.

               Poin diatas ini seperti kita membuat sebuah gambaran umum ataupun visualisasi bagi personal branding yang sudah kita tekuni dan cobalah untuk selalu mengupdate dengan info –info terbaru sehingga teman-teman anda akan selalu mengenal anda dengan anda yang apa anda inginkan.
 

 Jadi untuk menciptakan Personal Branding itu sendiri sebenarnya mudah jika anda sudah tahu tujuan yang ingin anda tuju kemana dan tentunya konsistensi disini sangat diperlukan dan harus dijaga dengan baik untuk menjaga Personal Branding yang anda inginkan.

                  Personal branding memang menarik untuk diulas tetapi untuk hal berikut #sundaysharing13 mencoba untuk share lebih bnayak ilmu yang dibawakan oleh narasumber Kartika Putri @putriKPM, Buzzer asing tidak ditelinga ? Buzzer adalah akun Twitter dengan followernya yang banyak dan tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita yang mempunyai follower yang tinggi karena dengan follower yang tinggi tentunya kita dapat mempengaruhi orang disekitar kita dengan cara yang sederhana hanya dengan ngetweet yang jumlahnya tidak lebih dari 140 karakter tetapi efeknya sangat besar dirasakan itulah salah satu keuntungan jika menjadi seorang buzzer. Jadi jika kalian ingin menjadi seorang buzzer apa yang harus dilakukan ? berikut hal yang harus dilakukan


§  Targetkan sasaran sesuai umur yang anda ambil apakah itu usia remaja, dewasa atau anak sekolah

§  Buatlah tweetan anda yang khas dan jangan biasa biasa saja sehingga orang akan tertarik dan mulai menikuti anda

§  Mention ketemen –temen dekat anda ini akan membuat anda lebih cepat dikenal dan suatu keuntungan buat anda untuk menjadi seorang Buzzer

                Hal diatas hanyalah hal yang sederhana yang harus dilakukan untuk kita menjadi sorang buzzer. Terus apakah ada untungnya menjadi seorang buzzer ? pertanyaan yang bagus untuk diulas, jadi ketika anda sudah menjadi buzzer banyak sekarang client yang memasarkan produk mereka dengan twitter dan mereka tentunya akan memilih pengguna yang mempunyai follower yang banyak tetapi juga berkualitas dan selalu aktif salah satu contohnya adaalah Mbak Putri yang merupakan salah satu seorang buzzer disalah satu perusahaan swasta ArgakomPR yang pernah memegang client salah satunya adalah Indosat, XL dan tentunya masih banyak lagi ini mungkin yang bisa dikatakan Ngetweet Dapat Duit memang tidak mudah untuk menjadi sorang Buzzer tetapi mencobanya dari sekarang bagi kalian yang akan terjun dimedia sosial untuk menjadi seorang buzzer .

 
                Tak hanya Mbak Putri narasumber yang tak kalah kerenya juga adalah mas Ade Himawan yang merupakan penulis sekaligus seoarang Buzzer didunia maya dengan personal branding kisah horor untuk twitternya @kisahhororr mas Ade Himawan adalah seorang penulis buku fiksi horor dimana buku ini tercipta karena mas Ade ini aktif ngetweet yang ternyata sangat menarik tweetanya dan berinisiatiflah mas Ade Himawan untuk membuat sebuah buku fiksi yang berkisah tentang kisah horor.

 

             Untuk menciptakan personal branding ini tidaklah mudah butuh waktu hampir setahun dua tahunan mas Ade untuk menciptakan personal branding dirinya dengan ulet dan sabar tentunya yang sekarang followernya sudah mencapai lebih dari 5000 follower sungguh fantastis apa yang dicapai mas Ade hanya dengan menggunakan twitternya begitu dahsyatnya dunia maya apa lagi sosial media saat ini. Pesan atau tips mas Ade untuk teman –teman yang sedang mengembangakan twitternya untuk menjadi seorang buzzer, jangan pernah bosen dan cobalah tetap konsisten walaupun teman-teman kalian mengejek kalian karena suatu saat kalain akan menjadi yang berbeda dari perbedaan yang ada.

 

          Sebenarnya banyak sekali manfaat yang didapat dengan mengikuti #SundaySharing13 ini kita jadi banyak teman, banyak pengetahuan baru dan tentunya sangat bermanfaat sekali bagi saya untuk membantu proses belajar saya dan bagi temen – temen yang ingin ikut #SundaySharing14 berikutnya kita bareng-bareng yuk

Follow me @deni_andis   

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih sudah datang ya mas ke acara kemarin. Oh ya ada beberapa yg mau saya revisi :)
1. Perhatikan typo mas, apalagi di kata "seseorang".
2. Nama kantor saya AgrakomPR mas :D
3. Nama mas @KisahHorror itu Ade Himawan
4. Sudah difollowback ya hihihi

semoga ilmunya bermanfaat :D

Kripik Pisang mengatakan...

Makasih ya mbak atas koreksinya,,,
sudah disaya perbaiki mbak putri jangan bosan-bosan ngasih saran ya mbak :)makasih followbacknya ya mbak hehe