Sabtu, 21 Maret 2015

Lestarikan Kuliner Nusantara dengan Menulis



 
Konro Saus Madu

Selamat malam teman-teman semuanya,, Menarik tetapi juga asyik kalau kita membahas hal yang satu ini apa itu yaaaa ???? Kuliner Nusantara bagi teman-teman yang pecinta kuliner apalagi Kuliner Nusantara gak akan ada abisnya kalau dibahas tetapi sebenarnya asyiknya disitu sih. Nah tepatnya Sabtu, 21 Maret 2015 bersama dengan Mas Arie Parikesit berbagi Kuliner Nusantara selama Mas Arie melakukan ekspedisi warisan kuliner di 120 kota / kabupaten di indonesia. 

Acara ini dikemas begitu cantik dan indah boleh saya bilang seperti itu. Saya dan kawan-kawan berangkat sekitar pukul 09.40 bersama dengan Bowo Susilo dan Rais Jaka Purnama dengan naik metromini 47 andalan kami yang langsung melesat didaerah Galur kami harus berhenti karena harus beralih ke metromini 24 Tanjung Priuk. Tempat yang akan kami kunjungi sebenarnya kami sudah tahu yaitu di Warung Tekko Sunter Icon Apartement – Sunter Icon Food Point, Tepatnya di Jalan Griya Sejahtera No. 1 Kemayoran, Jakarta Utara. 

Karena kami bertiga sok tahu berlandaskan lihat peta digoogle map tepat di Jalan Griya Agung kami berhenti dan turun ternyata kami bingung sendiri karena hanya ada apartemen dan sungai sunter didepan kami. Akhirnya kami mengeluarkan jurus andalan kami apa ituuu ? Bertanyalah kepada setiap orang yang kalian lihat ha ha,,, kebetulan disana ada warung dan bapak-bapak yang berumur kurang lebih 40an lah yaa,, “Permisi Pak Kami Mau ke Jalan Griya Sejahtera Warung Tekko Kira-kira bapak tahu nggak ? Ucap Rais Setengah mikir bapaknya nunjuk gedung yang jauh disamping kami pikirku dalam hati, busssyeeettt dah jauh banget masih sekitar 2 kilometer lagi, ternyata gigit jari aja saya, Saya nyanggah aja Bapak itu apartementnya dilewati metromini gak pak depanya ? iya lah mas orang metromini 24 lewat depan apartemenya ini google map ngajak ribut pikir saya. 

Akhirnya kami bertiga memutuskan untuk jalan. Disepanjang jalan saya melihat sebelah kiri saya sungai sunter yang warnanya bukan lagi terlihat seperti sungai tetapi lebih tepatnya lumpur berjalan. Saya tinggal dijakarta sauah hampir 3 tahun tetapi baru kali ini jalan dan melihat disungai sunter ini. sudah hampir satu kilo kami ketemu lampu merah sambil ngos-ngosan mau cari minum saya lihat kiri kanan gak ada warung sama sekali yahh payahnya juga saya gak bawa minum lagi semua emang diluar rencana ting tong deh.
 
Foto Selfie
Sekitar pukul 10.55 kami baru tiba didepan Warung Tekko saya tak basa basi lagi langsung masuk dan registrasi dapat goodiebag, Kaos yang harus langsung dipakai peserta dan harus selfie dan tag @WarisanKuliner dan #WarisanKulinerNusantara buru-buru ganti baju lalu ketemu kang Demang Selfie deh kami foto siap diupload kok gak bisa-bisa ya ini handpone, saya ulang lagi tetep sama saya cek kuota Ladalahhhh Kok Paketan Abiesss bingung lagi ini gimana ini coba saya ingat-ingat ini hari apa yaaaa :D Yah bener ini waktunya paketan saya habis jadi nebeng temen deh uploadnya hikz hikz,,,

Sambil menunggu acara dimulai karena acara baru akan dimulai pukul 12.00 dari tadi saya nahan haus tetapi mau minta minum tapi gak berani ehh pucuk dicinta pelayanpun tibaaa he he. Mbak mau nimum apa ? Nah kok saya dipanggil mbak ya eiiiiittttzz baru ngeh ternyata tu pelayan nanya peserta yang lain disebelah saya Mbak Lisna salah satu temen Brid saya yah baru kenal juga dan baru ketemu dan ngoblol diacara ini ho ho. Saya juga gak mau kalah saya srobot aja tuh mbaknya ,,,Mbak Mbak saya teh manis anget ya mbak atuuu,,,maappp nih mbak haus banget soalnya he he. Sambil nunggu minum acarapun dimulai dan langsung dibuka oleh Mas Arie sendiri. Padahal dari tadi saya ketemu mas ini didepan ngobrol juga saya kira Mas Arie ini peserta juga la orang dianya pakai baju sama ya saya pede-pede aja diajak ngobril== he he ternyata itu Mas Arienya ??,, 
 
Arie Parikesit
Dengan luwesnya Mas Arie mulai menceritakan kenapa Mas Arie mengadakan acara ini dan mengundang temen-temen blogger maupun dari komunitas lainya agar temen-temen ini dapat membantu mengenalkan kuliner nusantara yang sangat beragam yang tentunya menjadi pusat perhatian karena kuliner nusantara ini merupakan kuliner yang beragam disetiap daerah artinyan bahwa setiap daerah mempunyai kuliner dan masakan yang berbeda-beda sesuai daerahnya dan ternyata keragaman kuliner indonesia yang dilihat dari keanekaragaman hayati yang ada di Nusantara ini memiliki peringkat ke dua di dunia setelah Brasil ungkap Mas Arie pastinya kita patut bangga dengan hal itu.

Tetapi Indonesia dari dulu mempunyai kelemahan dalam bidang mendokumentasikan kekayaan dari Alam Nusantara ini padahal ini adalah warisan lelulur yang harus kita lestarikan Kuliner Nusantara dengan ini Mas Arie dan kawan-kawan bersama dengan Kecap Bangau yang merupakan kecap orisinil khas Nusantara yang rasanya tak perlu ditanya jadi kecap dehhhh. Mas Arie mengajak temen-temen sekalian untuk melestarikan Kuliner Nusantara dengan cara mereview makanan yang temen-temen makan tidak perlu panjang-panjang yang penting menarik dan isi sesuai dengan apa yang ada tentunya dengan aplikasi “Warisan Kuliner” yang bisa didownload di playstore jika Anda menggunakan Hp Android, Blackberry dan juga Smartphone yang lain juga sudah dapat menggunakan aplikasi ini. Bagi temen-temen yang lagi bawa Handphonenya bisa langsung didownload sekarang ya=ukkk.
 
Aplikasi ini sangat mudah dan sangat membantu bagi temen-temen pecinta kuliner nusantara karena disana juga ada update terbaru ataupun makanan terpopuler saat ini. tak hanya itu temen-temen bisa melihat tempat terdekat dari temen-temen berada sekarang untuk mendapatkan makanan nusantara yang asli akan rasanya dan rempah-rempahnya. Sebenarnya banyak ilmu yang disharing oleh Mas Arie disini yaitu bagaimana menulis kuliner yang menarik ? Salah satunya agar pembaca tidak bosan dengan tulisan yang kita tulis mencobalah menulis dengan pemilihan angel yang berbeda dan tidak melulu membicarakan rasa karena sebenarnya tidak hanya rasa yang dapat kita tulis tetapi pelayananya, uniknya, carilah sisi humonisnya seperti salah satunya adalah Warung Tekko tempat Acara #KulinerIndonesiaku ini diselenggarakan Warung Tekko ini khas dengan makanan nusantara mulai dari Iga Penyet, Ayam Goreng, dan Konro Saus Madu ituuu rasanya Makk Nyuss katanya Pak Bondan. Interiornya yang sangat originil dengan budaya Nusantara semua serba kayu dengan kaca yang sangat cantik membuat kita nyaman ditambah dengan santapan lezatnya. 
 
Menu Makanan Saya
Waktu sudah menunjukan pukul 13.00 dan makananpun sudah siap untuk disantap kebetulan saya mencoba semua yang ada dimeja presmanan mulai dari tahu tempe, ikan gurame, iga penyet, ayam goreng, dan juga Konro saus madu yang lembut banget dagingnya sampek sekarang masih terasa konronya. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan games dimana ada lima orang yang berani maju kedepan untuk mengikuti games yang sudah disedikan oleh panitia. Salah satunya saya sebenarnya sama berada dibelakang tanpa malu-malu atau saya yang gak punya malu yaaa,, saya langsung berlari kedepan akhirnya dapat juga dalam hati. Sudah siap semua peserta wajib menutup mata dengan kain yang ada didepanya lalu ada 5 piring dan 5 kecap ternyata kami harus menebak apa yang ada dipiring yang sudah disediakan dengan memakan atau mencium aromanya. Pertama yang saya ambil dagingnya halus seperti ayam potong, yang kedua dia crispy tetapi dalamnya kayak ada daging, kalau yang ketiga saya sudah yakin kalau ini daging sapi dengan percaya diri saya menjawab untuk yang pertama ettttdahh salah satu yang kedua ternyata bukan ikan melainkan jamur crispy maklum he he.

Lomba Tebak Rasa
Dan akhirnya gak ada yang bener tetapi semua yang berani maju mendapatkan Voucher makan dari Warung Tekko dan Voucher Belanja Dari Kecap Bangau. Terimakasih Kecap bangau dan Warung Tekko dan acara ditutup dengan foto bersama peserta dan panitia dengan menggunakan Clemek yang bergambarkan Kecap Bangau. Saya mengharapkan acara ini tidak hanya dilakukan dijakarta saja tetapi juga disekuruh nusantara untuk menjaga kuliner nusantara tetap terjaga dan juga temen-temen blogger maupun temen-temen sosial media yang lain dapat membantu melalui medianya masing-masing dengan tulisan maupun foto-fotonya agar Kuliner Nusantara ini semakin dikenal yang tidak hanya didalam tetapi juga Luar Negeri. Makasih :)  


6 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

Di jogjaready.com, saya banyak bercerita tentang kuliner khas jogja juga mas. Hehehe

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) mengatakan...

Seru ya acara kemarin...hihi

Kripik Pisang mengatakan...

Mas Adi Pradana Rencana Kalau lolos saya bulan juni kejogja mas bisa sekalian ketemu ya mas he he

Kripik Pisang mengatakan...

Mbak Lisawanti Seru abies Mbak sayangnya saya gak bisa bungkus he he dapat kecap dua botol mbak ? Mbak Liswanti bawa kecap berapa he he ?

Anonim mengatakan...

loro kabeh moco tulisanmu nDis. kakean nakam ta?

Kripik Pisang mengatakan...

hussstt mas mumpung oleh gratisan ojo banter2 ngkok krungu warung tekkone he he umarsyaifullah