Rabu, 08 Juli 2015

PORTAL SEREMPAK, Jurnalisme Warga Untuk Kemajuan Bangsa

Akhir-akhir ini semakin banyak berita-berita yang tidak mengenakan, mulai dari kekerasan, kenakalan remaja, sampai dengan pelecehan seksual. Bisa dikatakan semakin hari moral bangsa ini bukan semakin baik tetapi semakin turun. Dan kebanyakan yang menjadi korban adalah mereka para perempuan dan juga anak-anak yang seharusnya mereka ini dilindungi bukan di aniaya. Oleh karena itulah Ibu Dra. Martha Simanjuntak bergerak untuk membuat sebuah Portal online, sebagai wadah  aspirasi untuk masyarakat khususnya bagi perempuan dan anak yang disjaikan dalam bentuk artikel dengan berbagai tema dan isu. Awalnya portal serempak ini dulunya dibawah naungan Yayasan air putih, namun sekarang sudah berpindah ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, berkat kerjasama Pokja Serempak yang dikoordinir tidak lain oleh Ibu Martha Simanjuntak.

Persiapan Acara "Maju Bersama Serempak"

Tepatnya pada hari Senin, 29 Juni 2015, Saya berkesempatan hadir disebuah acara yang digagas oleh Portal Serempak dengan tema "Maju Bersama Serempak" yang bertempat di Ruang Rapat Achmad Dahlan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Dimana acara hadir Bapak Dr. Wahyu Hartomo (Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Ibu Dra. Martha Simanjuntak yang merupakan penggagas sekaligus Ketua Tim Pokja Serempak, Robert AB seorang pengajar tenaga pengajar di Business School Binus dan Juga Ani Berta, Koordinator Kemitraan Serempak.
Dengan Portal Serempak ini kedepan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dapat menjembatani antara masyarakat dengan pihak pemerintah karena Portal Serempak ini adalah milik masyarakat dimana semuanya dari masyarakat dan untuk masyarakat. Bapak Dr. Wahyu Hartomo sangat antusias dengan adanya penyelenggaraan kegiatan ini karena kegiatan ini dapat membantu pembangunan bangsa dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tepat guna.

Dr. Wahyu Hartomo (Sekretaris Menteri)

Dengan adanya kerjasama yang terjalin antara tim kerja Pokja Serempak dan KPPPA khususnya dengan Deputi Bidang pengutamaan Gender Bidang Ekonomi KPPPA, dimana kegiatan-kegiatanya dengan menggunakan teknologi informasi yang baru dengan mewujudkan Portal Serempak yang peduli dengan perempuan dan anak. Dan harapan kedepan Tim Pokja Serempak ini akan memberikan sesuatu gagasan-gagasan baru yang yang menawarkan sesuatu yang kreatif dan menarik untuk kemajuan perempuan indonesia dan juga para anak-anak tentunya.

Masyarakat Indonesia bisa dibilang adalah masyarakat yang sedang menjajaki dunia teknologi dan perlunya masyarakat untuk menyadari kegunaan teknologi dan mampu memanfaatkan teknologi yang salah satunya adalah internet. Dengan demikian masyarakat tak akan tertinggal dengan informasi dan dapat meningkatkan taraf hidupnya untuk keberlanjutan hidupnya. karena dengan teknologi hal-hal yang sangat susah akan menjadi ringan dan sangat terbantu bagi masyarakat sendiri untuk memudahkan aktivitasnya.
Para Blogger yang sedang mendengarkan Sharing
Dalam segala bidang semua kegiatan tak terkecuali dari masyarakat dibawah sampai dengan yang diatas tidak ada yang tidak menggunakan tekonologi terumata teknologi informasi, memang bisa dikatakan bahwa teknologi informasi ini memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dalam segala hal, Pemerintah adalah pusat dari komando yang selalu menggunakan perkembangan teknologi informasi, guna untuk pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan juga untuk memberikan timbal balik pembanguan kepada pembangunan bangsa.

Beliau Bapak Wahyu mengatakan bawha dengan adanya portal serempak ini Kementerian PP dan AA mengucapakan banayak terimakasih, dikarenakan tugas KPPPA menjadi sangat maksimal dan terbantu sehingga dapat melayani masyarakat dengan maksimal.
Bpk. Robert AB
Dalam Acara ini tidak hanya membahas tentang serempak tetapi juga Sharing sesion tentang Digital Marketing oleh Bapak Robert AB bahwa Dunia Digital Marketing sudah banyak dilirik oleh berbagai orang dan kelas untuk memasarkan bisnisnya. Karena selain banyak keuntungan yang bisa didapat juga cepat marketer dengan menggunukan dunia digital karena bisa dibilang masyarakat Indonesia salah satu Masyarakat yang paling besar menggunakan media digital. Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan Digital Marketing diantaranya adalah selain biaya yang lebih murah, jaringan yang luas dan cepet berkembang dan dikenal publik juga kesempatan akan semakin luas.

 
Ilustrasi Digital Marketing
Digital Marketing tidak terbatas disatu tempat saja tetapi juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asal jaringan mendukung karena jaringan merupakan salah satu hal yang terpenting yang harus dipunya dalam dunia digital marketing.
Teh Ani Berta

Berikutnya adalah narasumber yang bagi saya adalah seorang guru pula beliau adalah Teh Ani Berta. Beliau Sharing bagaimana langkah untuk menjadi kontributor sebuah website. Beberapa tips dari beliau untuk menjadi kontributor sebuah website diantaranya ada 6 poin yaitu :

  •  Tentukan tujuan kita menjadi seoarang kontributor website karena ini sangat penting     dikarenakan niat  yang  akan mendasari kita melakukan sesuatu.
  • Kenali semua yang ada diportal yang kita minati tentunya hal yang menarik untuk diulas.
  • Ajukan Proposal Penawaran yang menarik 
  • Cobalah dengan mengisi konten-konten yang free sebagai gambaran karya kita agar bisa dilihat.
  • manfaatkan kanal-kanal dicitizen journalism dibeberapa media mainstream. 
  • mempromosikan hasil tulisan dimedia sosial ataupun median lainya yang membantu publikasi tulisan kita.

Disini Portal Serempak juga memuat artikel-artikel yang menarik untuk disuguhkan ke publik dengan berbagai narasumber, mulai dari Kementerian PP dan PA, Para Kontributor, dan juga dari journalisme Warga.

Harapan bahwa warga nantinya dapat mengaspirasikan unek-uneknya dengan ikut serta menulis dengan dengan jurnalisme warga. Diserempak sebenarnya sangat dimudahkan untuk para warga menjadi kontributor portal serempak dimana disini seorang kontributor setidaknya harus menulis satu artikel satu kali dalam sebulan, beda halnya dengan mereka yang menjadi Journalisme Warga yang dapat mengrimkan artikelnya kapan saja.

Ibu Martha Simanjuntak

 Semoga dengan adanya portal ini masyarakat dapat langusng bergabung dengan portal serempak di websitenya www.serempak.or.id atau lewat akun Twitternya Serempak yaitu @SerempakID. Kontribusi Teman-Teman sekalian akan sangat membantu sekali untuk kemajuan Bangsa ini. Dalam hal membantu bukanlah besar atau kecilnya yang dilihat tetapi seberapa besar Anda Ikhlas dalam membantunya. 
 
Pemenang Livetweet
Setelah beberapa kata dari Ibu martha acarapun selesai dengan diumumkanya pemenang lomba livetweet dengan mendapatkan voucher belanja LotteMart dan Alhamdullilah saya ikut sebagai salah satu pemenang dan Perdana sejak saya ikut lomba ngetweet semoga next dapat menang lagi,,, :)


Penulisan Harapan untuk Portal Serempak
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan menulis harapan-harapan untuk kedepanya bagi portal serempak ini dan ditempelkan didinding jadi keingat waktu dulu masih SMA bikin mading (majalah dinding). dan tentunya gak akan afdol jika tidak diakhiri dengan foto bersama seluruh jajaran dan juga blogger. Mari membangun Bangsa bersama Serempak !!!

 
Tulisan-tulisan harapan untuk portal serempak
Dan ini adalah salah satu foto jepretan dari ayah dian kelana yang cakep banget jepretanya. Memang sudah profesional :)



2 komentar:

Ani Berta mengatakan...

Makasih sudah hadir Deny...
Juga reportasenya, mari kita peduli terhadap persoalan perempuan dan anak

Kripik Pisang mengatakan...

sama-sama teh ani berta, mari bersama-sama berjuang untuk perempuan dan anak, terutama ibu, makasih teh ani atas kesempatanya,